Layanan Fototerapy di RSU Semara Ratih

Apa definisi dari fototerapi?

Fototerapi atau terapi sinar adalah salah satu metode perawatan yang umum dilakukan untuk menangani kondisi bayi kuning. Berubahnya warna kulit bayi menjadi kuning sering kali disebabkan oleh peningkatan kadar bilirubin. Sakit kuning atau dalam istilah medis disebut jaundice bisa terjadi pada siapa saja, termasuk bayi. Kondisi bayi kuning dapat menyebabkan kulit dan bagian putih mata (sklera) pada bayi tampak kekuningan.

Bagaimana metode fototerapi pada Bayi ?

Bayi kuning atau jaundice umumnya memerlukan perawatan fototerapi menggunakan bantuan sinar ultraviolet. Metode ini tergolong perawatan yang aman dilakukan dan tidak menimbulkan kerusakan pada kulit bayi.

1. Fototerapi konvensional

Jenis fototerapi ini dilakukan dengan cara meletakkan bayi di bawah lampu halogen atau lampu neon ultraviolet agar sinar dapat diserap tubuh bayi melalui kulit. Mata bayi akan ditutup untuk melindungi lapisan saraf mata dari paparan sinar ultraviolet.

2. Fototerapi serat optic

Perawatan fototerapi ini menggunakan selimut yang dilengkapi dengan kabel serat optik dan dilakukan dengan posisi bayi berbaring. Paparan sinar ultraviolet disalurkan melalui kabel tersebut ke bagian punggung bayi. Perawatan ini umumnya lebih sering digunakan jika bayi terlahir secara premature.

Kedua jenis fototerapi tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan paparan sinar ultraviolet pada kulit bayi sebanyak mungkin. Metode fototerapi umumnya dilakukan selama 30 menit setiap 3–4 jam sekali.

Layanan Fototerapi di RSU Semara Ratih ditangani langsung oleh Dokter Spesialis Anak yang sudah berpengalaman.

- Searching

- Recent Post

Share this:

Like this:

Like Loading...