5 Penyakit Pada Telinga Yang Umum Terjadi

Gangguan pada telinga bisa terjadi pada siapa saja. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga kesehatan dan memeriksakan kondisinya secara berkala. adapun 5 penyakit pada telinga yang umum dialami seseorang yaitu :

1. Tinnitus (telinga berdenging)

Tinnitus adalah persepsi bunyi yang diterima pasien tanpa adanya stimulus suara dari luar telinga. Adapun keluhan yang dialami ini seperti bunyi mendengung, mendesis, menderu, atau berbagai variasi bunyi yang lain. Biasanya, tinnitus terjadi karena kerusakan pada ujung-ujung mikroskopik saraf pendengaran di telinga bagian dalam.

2. Swimmer’s ear (telinga perenang)

Telinga perenang yang juga dikenal sebagai otitis eksterna adalah infeksi pada telinga bagian luar yang disebabkan oleh adanya air yang terjebak dalam saluran telinga. sehingga bakteri dapat berkembang biak disaluran telinga yang melembab yang disebabkan oleh air yang terjebak. Dalam kondisi yang parah, lapisan kulit dalam telinga bisa membengkak, menyebabkan iritasi, dan infeksi.

3. Otitis media

Otitis media adalah peradangan pada telinga bagian tengah akibat infeksi virus atau bakteri. Kondisi ini biasanya ditandai dengan pembengkakan serta keluar cairan di telinga bagian tengah yang menimbulkan rasa nyeri. Otitis media atau radang telinga lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan orang dewasa, terutama anak berusia 3 bulan hingga 3 tahun.

4. Telinga tersumbat

Kondisi ini terjadi ketika saluran eustachius tersumbat sehingga menyebabkan telinga terasa tertekan. Hal ini juga dapat menyebabkan rasa sakit dan pendengaran teredam. hal ini dapat disebabkan oleh kondisi apa pun yang menyebabkan penyumbatan pada area sinus, termasuk pilek, flu, sinusitis, alergi, atau iritasi karena menghirup asap.

5. Penumpukan kotoran telinga

Cairan telinga (earwax) atau juga biasa dikenal dengan serumen adalah komponen yang secara alami dihasilkan oleh kelenjar khusus di bagian luar telinga. earwax akan menumpuk, mengering, dan keluar dengan sendirinya. Namun, bila menumpuk terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Terlalu sering membersihkan telinga menggunakan cotton bud atau benda kecil lainnya menyebabkan kotorannya terdorong ke dalam sehingga menyebabkan masalah ini.

 

- Searching

- Recent Post

5 Penyakit Pada Telinga Yang Umum Terjadi
Scroll to top