Hari Malaria Sedunia

Direktur dan Staf Manajemen RSU Semara Ratih mengucapkan selamat memperingati hari malaria sedunia yang jatuh pada selasa, 25 april 2023.

Malaria adalah penyakit infeksi menular yang dapat menyebar melalui gigitan nyamuk. Hampir sama dengan gejala demam berdarah, malaria umumnya ditandai dengan demam dan menggigil selama beberapa hari. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi parasit. Gigitan nyamuk membuat parasit masuk, mengendap di organ hati, dan menginfeksi sel darah merah. Selain melalui gigitan nyamuk, terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan malaria dapat menyebar menjangkit manusia seperti melalui donor organ, transfusi darah, berbagi pemakaian jarum suntik, dan janin yang terinfeksi dari ibunya.

Terdapat beberapa jenis penyebab penyakit malaria, yaitu :

  1. Plasmodium Ovale 

Malaria yang disebabkan oleh parasit Plasmodium ovale ini tergolong tidak terlalu berbahaya yang mengancam jiwa, namun tetap harus waspada karena malaria yang disebabkan oleh parasit ini dapat menyebabkan anemia atau kekurangan darah.

  1. Plasmodium Vivax

Malaria yang disebabkan oleh parasit Plasmodium vivax cenderung menimbukan gejala yang lebih ringan. Parasit ini dapat bertahan di organ hati dalam jangka waktu beberapa bulan atau tahun. Walaupun tergolong ringan, malaria yang disebabkan oleh parasit ini dapat kambuh ketika daya tahan tubuh menurun karena parasit dapat aktif kembali.

  1. Plasmodium Falciparum

Malaria yang disebabkan oleh parasit Plasmodium falciparum tergolong paling berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai komplikasi, kejang, hingga koma. Malaria jenis ini menjadi salah satu penyebab kematian akibat malaria tertinggi di dunia.

  1. Plasmodium Malariae

Malaria yang disebabkan oleh parasit Plasmodium Malariae menimbulkan gejala setelah lama terinfeksi parasit tersebut. Oleh karena itu, penderita malaria ini akan mengalami infeksi yang kronis mengalami gangguan fungsi organ ginjal.

Di Indonesia kasus yang paling banyak ditemukan hanya 2 jenis parasite yaitu plasmodium vivax dan plasmodium falciparum.

Penyebaran parasit malaria juga bisa terjadi karena terpapar darah penderita malaria. Tidak hanya dengan gigitan nyamuk ,beberapa kondisi yang dapat menyebabkan malaria antara lain menerima transfusi darah, menerima donor organ, dan pemakaian jarum suntik. Adapun cara pencegahan malaria secara alami adalah sebagai berikut:

  1. Rutin Membersihkan Pekarangan Rumah

Pekarangan rumah yang kotor dan terdapat genangan air dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, dan bisa jadi penyebab malaria. Sehingga upaya membersihkan pekarangan rumah harus selalu dibersihkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari sarang nyamuk yang biasa tersembunyi di balik pekarangan yang kotor.

  1. Fogging

Salah satu cara pencegahan malaria yang biasa dilakukan oleh masyarakat ialah melakukan fogging. Dengan menyemprotkan obat nyamuk di luar maupun dalam rumah dengan metode foging dapat membantu mencegah berkembang biak nya nyamuk.

  1. Pasang Kelambu

Cara efektif untuk pencegahan malaria berikutnya ialah memasang kelambu di kamar. Apabila ruang ranjang terpasang kelambu, maka mampu menghindarkan seseorang dari gigitan nyamuk. Pasalnya kelambu dapat berfungsi untuk menghalau nyamuk dari luar, sehingga dapat membantu mencegah malaria.

  1. Pakai Lotion Anti Nyamuk

Cara pencegahan malaria lainnya yaitu menggunakan lotion nyamuk. Pemakaian lotion ini dapat dilakukan saat bepergian keluar rumah. Hal ini untuk menghindari gigitan nyamuk di tempat terbuka. Anda dapat menggunakan lotion nyamuk yang mengandung ekstrak lavender, serai, lemon balm atau geranium yang tidak disukai nyamuk.

  1. Tanaman Anti Nyamuk

Cara pencegahan malaria yang bisa dicoba yaitu menanam tumbuhan anti nyamuk di rumah. Tanaman yang dapat Anda gunakan untuk mengusir nyamuk di antaranya bunga lavender, daun peppermint, dan bunga geranium. Beberapa tanaman tersebut tidak disukai oleh nyamuk, sehingga hal ini dapat berperan penting dalam mencegah gigitan nyamuk dan menghindarkan dari penyakit malaria.

- Searching

- Recent Post

Share this:

Like this:

Like Loading...